Dengan Dana Desa Kades Pelabai Wujudkan Harapan Warga

0
258
palwan

Sabtu, 01 Desember 2018

PEWARTA : YOFING DT

GO LEBONG Salah satu upaya pemerintah dalam rangka pemerataan kesejahteraan masyarakat adalah dengan meluncurkan program dana desa ke seluruh penjuru nusantara. Hal tersebut dimaksud agar tidak ada lagi kesenjangan pembangunan antara perkotaan dengan pedesaan, dengan demikian tidak ada lagi masyarakat desa yang hidup dalam keterbelakangan.

Masyarakat begitu antusias bergotong royong membangun desa

Seperti halnya yang dirasakan masyarakat Desa Pelabai,Kecamatan Pelabai, Kabupaten Lebong, yang dulunya hidup dalam kesunyian dan keterbatasan akses karena belum tersentuhnya pembangunan. Dulu masyarakat mengalami kesulitan menuju perkebunan atau persawahan mereka dengan kondisi jalan yang masih semak dan berlumpur dan jarak tempuh yang cukup jauh. Tapi sejak dikucurkannya dana desa, masyarakat pedesaan mulai merasakan perubahan yang luar biasa. Jalan menuju perkebunan, persawahan dan jalan lingkungan dibangun beserta sarana dan prasarana lainnya baik fisik maupun non fisik.

 

Warga berpose bersama Kepala Desa, Palwan

Seperti yang disampaikan Kepala Desa Pelabai, Palwan, sejak dikucurkan dana desa masyrakat merasakan manfaat yang luar biasa, hampir di seluruh pelosok desa dibangun sarana dan prasarana pendukung guna berjalannya roda perekonomian masyarakat. Diceritakan oleh Palwan, untuk tahap awal berdasarkan hasil musyawarah desa, mereka akan fokus dengan pembangunan fisik seperti jalan usaha tani (JUT) dan jalan lingkungan agar mempermudah masyarkat menuju ke perkebunan dan persawahan mereka dan yang pasti agar masyarakat mudah mengangkut hasil pertanian sehingga dengan sendirinya dapat mengurangi biaya produksi dan menambah penghasilan masyarakat.

“Untuk sementara kami lebih fokus dengan pembangunan fisik berupa JUT karena mengingat sebagian besar masyarakat Desa Plabai berprofesi sebagai petani, diharapkan dengan demikian dapat mempermudah masyarakat menuju tempat usaha mereka dan lebih mudah dalam membawa hasil dan yang pastinya dapat mempersingkat waktu tempuh,”sampai Palwan.

Hasil penyerapan DD sampai dengan tahap II yang akan dilanjut di anggaran DD tahap III

Ditambahkan oleh Palwan, di samping pembangunan fisik, melalui dana desa dia juga fokus di bidang pemberdayaan masyarakat desa, Desa Pelabai akan mengadakan seminar dengan mengundang nara sumber dosen pertanian dari Universitas Bengkulu dengan tujuan dapat membuka dan menambah wawasan masyrakat di bidang pertanian.

“Dalam waktu dekat saya akan mengundang dosen pertanian dari Universitas Bengkulu untuk menjadi nara sumber seminar bidang pertanian di desa kami dengan harapan dapat membuka dan menambah wawasan masyarakat di bidang pertanian sehingga kedepannya diharapkan dapat menambah produktivitas dan memperbaiki perekonomian warga,”pungkas Palwan.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here