Upacara HUT Kabupaten Lebong Ke-15

0
127

Senin, ,7 Januari 2019

PEWARTA : YOFING DT

GO LEBONG – Pemkab Lebong menggelar upacara peringatan HUT Lebong ke-15 di Lapangan Pendopo Rumah Dinas Bupati (7/1). Kabupaten Lebong merupakan kabupaten muda pemekaran dari Kabupaten Rejang Lebong berdasarkan UU no 39 tahun 2003. Mekarnya Kabupaten Lebong bukan didapati begitu saja, tentunya dengan perjuangan para pejuang-pejuang terdahulu yang tak kenal putus asa. Rintangan demi rintangan dihadapi sampailah pada puncaknya pada tahun 2003 tepatnya tanggal 13 Maret 2003 setelah lebih kurang satu tahun disetujuinya usulan pemekaran Lebong oleh Pemprov Bengkulu, akhirnya Tim Observasi Pusat dari Departemen Dalam Negeri (Tim DPOD) turun langsung ke Kabupaten Lebong untuk meninjau secara langsung kesiapan pemekaran Kabupaten Lebong.

Berbagai kesiapan serta potensi pendukung pemekaran Lebong tak luput dari peninjauan tim DPOD ini. Observasi yang dilakukan ini pun dipusatkan di Kecamatan Lebong Utara dan Lebong Atas. Harapan demi harapan pun terus bermunculan usai dilakukannya observasi dari Tim DPOD. Do’a serta cita-cita masyarakat untuk menjadikan Lebong sebagai Kabupaten yang mandiri pun akhirnya terwujud.

Pada 17 November 2003, adalah sejarah baru bagi daerah eks kewedanan Lebong. Dimana, hari itu lahirlah draf rancangan Undang-undang RI tentang Pembentukan Kabupaten Lebong dan Kabupaten Kepahiang di Provinsi Bengkulu. Sehingga, tepat pada 18 Desember 2003 UU Nomor 39 tahun 2003 tentang pembentukan Kabupaten Lebong dan Kabupaten Kepahiangpun disetujui oleh DPR RI. Kontan saja, dengan disetujuinya UU Nomor 39 tahun 2003 ini Lebongpun akhirnya resmi menjadi Kabupaten sendiri.

Bupati Lebong H.Rosjonsyah, S.IP, M.Si dalam pidatonya menyampaikan, dalam kesempatan ini marilah kita jadikan peringatan Hari Ulang Tahun Lebong Ke-15 sebagai momentum untuk mengevaluasi dan memperbaiki diri serta memantapkan semangat swarang patang stumang dalam menyelenggarakan pemerintahan dan pembangunan di Kabupaten Lebong.Dengan kebersamaan, kekompakan dan partisipasi seluruh komponen masyarakat, Insya Allah berbagai rintangan dan tantangan akan teratasi.

“Pada kesempatan ini saya ingin mengucapkan ucapan terimakasih kepada semua pihak yang telah bekerja keras untuk kemajuan Lebong, sehingga prestasi demi prestasi dapat kita raih,”sampainya.

Lanjut Bupati, tema HUT Lebong ke-15 adalah Kerja Bersatu Prestasi Maju, hal ini dimaknai dengan kekompakan kita dalam bekerja demi kesejahteraan masyarakat Lebong, sebagai perwujudan Kerja Bersatu Prestasi  Maju adalah kebersamaan semua pihak dalam mengembangkan sektor kepariwisataan di Lebong, sehingga Kabupaten Lebong menjadi destinasi wisata.

“Mari kita bersatu membangun Lebong dengan meningkatkan kinerja, berperan aktif, bahu membahu dan bersinergi agar terwujud masyarakat Lebong yang maju dan sejahtera,”demikian Bupati.

Upacara dihadiri seluruh Kepala OPD dan jajaran, Kapolres Lebong AKBP.Andree Ghamaa Putra,SH,S.IK, Dandim 0409 Letkol.Kav.Budi Wirman, Kajari Lebong Endang Sudarma,SH, MH, mantan Bupati Lebong pertama H.Dalhadi Umar, tokoh presidium, dan tokoh masyarakat.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here